Cara Membuat Website Organisasi Berdomain .or.id

Pembuatan website beralamat domain .or.id sebenarnya tidak berbeda dengan situs beralamat lain, semisal dot com, dot net, dot org atau lainnya. Perbedaannya terletak pada kekhasan domain .or.id yang mencerminkan sebagai situs organisasi yang resmi atau legal di Indonesia.

Langkah yang perlu dilakukan untuk membuat situs organisasi berdomain .or.id, dari yang kami pernah kami lakukan, adalah dengan mendaftarkan penggunaan nama yang kita pilih kepada lembaga pengelola domain Indonesia, yaitu PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Kelengkapan yang harus disiapkan, berdasar pangalaman kami, yaitu di antaranya:

  1. Akta organisasi, atau SK internal sebagai dasar legal pendirian organisasi atau kepengurusan.
  2. Surat permohonan atas nama organisasi yang ditujukan kepada PANDI, untuk menggunakan nama tertentu berdomain or.id. (misal: organisasi-anda.or.id)
  3. Surat penunjukkan administrator atau pengelola, ditandatangani oleh ketua organisasi atau yang berhak mewakili, menggunakan materai.
  4. File scan (foto) KTP pengelola atau admin.
Semua persyaratan di atas cukup disiapkan dalam bentuk file saja dan akan dilampirkan dalam pengajuan secara online. Formulir pengajuan tersedia pada situs-situs resmi penyedia layanan pendaftaran nama domain Indonesia.

Semua berkas tersebut, jika telah dikirim, akan diperiksa untuk kemudian disetujui atau dilengkapi lagi. Jika segala sesuatunya telah lengkap, langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran penggunaan nama domain, untuk satu atau (boleh) dua tahun ke depan.

Aktivasi domain akan dilakukan penyedia layanan setelah pembayaran diterima dan diverifikasi. Jika domain telah aktif, kita tinggal mengurus setting DNS dan mengarahkan nama tersebut kepada halaman-halaman yang sudah kita persiapkan. Untuk beberapa alasan, kami menyarankan penggunaan platform yang sederhana dan user friendly dalam pembangunan situs.

Post a Comment