Kisah Cosa Aranda Menangguk Ribuan Dollar dari Blognya

Dari media bernama blog, ribuan dollar bisa diraup. Salah satu syaratnya, blog tersebut sudah diakui kualitasnya, banyak pengunjungnya, dan menarik minat pemasang iklan.

Cara utama mendapatkan uang dari blog adalah menggaet pemasang iklan. Para pengiklan akan tergiur memasang iklan apabila pengunjung blognya banyak. Cosa Aranda, seorang blogger jutawan mengatakan, paling tidak ada dua macam iklan blog.


"Pertama Pay per Click (PPC) dan yang kedua Pay per Impression (PPI)," kata blogger asal Surabaya itu saat menjadi pembicara pada BNCC National IT Talk Show (BITS) bertema menguak Kisah sukses Para Blogger Indonesia, Selasa 12 Mei 2009.

Cosa termasuk orang yang sukses meraup uang dengan cara tersebut. Dia memasang iklan tersebut di beberapa blognya yang memulai dikembangkan pada 2003. Ribuan pengunjung mengakses blognya. Penghasilannya pun terdongkrak. Pada Juli 2007, penghasilan Cosa mencapai USD 5.000 (lebih kurang 50 juta). Setiap bulan terus meningkat sampai sekarang.

"Paling tidak, saat ini gaji saya setara direktur lah," katanya disambut tepuk tangan hadirin.

Meski begitu, kata Enda Nasution, mendapatkan uang dari blog tetap tidak mudah. Harus tetap bekerja keras untuk meningkatkan jumlah pengunjung blognya.

"Jadi jangan dianggap kita diam lantas uang datang. Tidak bisa seperti itu. Upayanya juga keras seperti pekerjaan lain," kata pria yang dijuluki Bapak Blogger Indonesia itu.

Namun, kata Enda lagi, mereka yang baru pertama membuat blog bisa memulainya dengan membuat tulisan. Tak harus berorientasi uang.

"Tuliskan saja pengalaman sehari-hari. Dan paksa diri untuk terus menulis,” katanya.

Selengkapnya dapat dibaca di www.didiksugiarto.com

Post a Comment